Rabu, 12 Desember 2012

Hubungan Manajemen Pendidikan dan Komputer


            Sebelum menjelaskan tentang hubungan manajemen pendidikan dan komputer aplikasi, saya akan menjelaskan pengertian manajemen pendidikan.
Soepardi (1998) menyimpulkan manajemen pendidikan adalah “pengelolaan kegiatan pendidikan dengan memanfaatkan seluruh fasilitas baik manusia maupun bukan manusia (sarana dan prasarana) yang ada, secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan lebih dulu”. Dari kutipan tersebut dijelaskan tentang pemanfaatan seluruh fasilitas baik manusia maupun bukan manusia, dalam hal ini termasuk komputer aplikasi.
            Manajemen pendidikan merupakan suatu kegiatan pengelolaan dalam lembaga pendidikan, dalam menjalankan program-program kerja di lembaga pendidikan diperlukan informasi. Informasi adalah hal yang penting dalam melaksanakan program kerja agar dapat menyesuaikan tujuan yang hendak dicapai dengan kebutuhan pendidikan disaat ini. Selain untuk pengelohan informasi komputer juga berfungsi sebagai alat untuk pengolahan data-data yang bersangkutan dengan pendidikan dan juga berhubungan dengan manajemen perkantoran pendidikan.
            Komputer dalam manajemen pendidikan dapat diartikan sebagai alat elektronik untuk memudahkan pengolahan data. Hal ini bertujuan untuk mengolah data pada perkantoran pendidikan agar lebih efektif dan efisien. Sehingga komputer aplikasi dan manajemen sangat berkaitan erat, dan komputer aplikasi sangat berpengaruh terhadap pencapaian tujuan pendidikan.
            Sehingga dapat disimpulkan komputer aplikasi harus dikembangkan dalam lembaga manajemen pendidikan. Untuk lebih melancarkan proses manajemen pendidikan, pendidikan tentang computer aplikasi manajemen harus senantiasa dikembangkan, agar para insane manajemen lebih memiliki kecakapan dalam pengolahan data menggunakan komputer. Penggunaan komputer dalam bidang manajemen pendidikan juga haruslah sesuai dengan peraturan-peraturan manajemen pendidikan, sehingga dalam pengolahan data informasi dapat disesuaikan dengan tujuan yang hendak dicapai oleh lembaga pendidikan.

1 komentar: