Jumat, 30 November 2012

Perpustakaan pada SD



PERPUSTAKAAN SEKOLAH DASAR


MAKALAH
Untuk Memenuhi Tugas Matakuliah
Teknik Penulisan Karya Ilmiah
yang dibina oleh Ibu Dr. Mustiningsih, M.Pd
dan Ibu Sunarni, S.Pd, M.Pd


Oleh
M. Ghulaman Zakia
120131400375









UNIVERSITAS NEGERI MALANG
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
JURUSAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN
November 2012

DAFTAR ISI

Halaman         
HALAMAN SAMPUL ...............................................................................  i
DAFTAR ISI ................................................................................................ ii
BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang ...........................................................................  1
B.     Topik Bahasan ............................................................................ 2
C.     Tujuan Penulisan ........................................................................  2
BAB II PEMBAHASAN
A.    Pengertian Perpustakaan Sekolah Dasar ....................................  3
B.     Fungsi Perpustakaan ................................................................... 3
C.     Tujuan Perpustakaan ................................................................... 6
D.    Prinsip dan Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan ................ 8
E.     Hambatan-hambatan penyelenggaraan perpustakaan                         pada sekolah dasar ......................................................................        10
F.      Cara mengatasi hambatan-hambatan penyelenggaraan         perpustakaan pada sekolah dasar ................................................      11
BAB III PENUTUP
            Kesimpulan ....................................................................................... 12
DAFTAR RUJUKAN .................................................................................. 15










BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
Soetopo (1982:173) menyimpulkan “perpustakaan sekolah adalah perpusatakaan yang diselenggarakan di sekolah bermaksud untuk menunjang program belajar dan mengajar di lembaga pendididkan formal”.
Dari penjelasan di atas disimpulkan perpustakaan adalah sarana penting yang di sediakan oleh sekolah untuk menunjang program belajar mengajar, baik siswa maupun guru atau pengajar. Perpustakaan adalah komponen yang penting di sekolah dasar, karena perpustakaan juga menjadi pusat pembelajaran bagi siswa dan juga agar mereka lebih mengetahui ilmu-ilmu pengetahuan yang baru yang mereka belum dapatkan. Perpustakaan adalah langkah untuk memberantas sifat malas pada peserta didik, khususnya pada tingkat Sekolah Dasar, karena untuk membentuk kepribadian anak haruslah dilakukan sejak dini. Diselenggarakanya perpustakaan diharapkan mampu membentuk pribadi siswa yang rajin dan haus akan pengetahuan.

Kamis, 29 November 2012

Manajemen Peserta Didik

                                
MANAJEMEN KESISWAAN/PESERTA DIDIK

MAKALAH
Untuk Memenuhi Tugas Matakuliah
Dasar-dasar Manajemen Pendidikan
Yang dibina oleh Ibu Dra. Djum Djum Noor Benty, M.Pd
Dan Ibu Desi Eri K., M.Pd

NAMA ANGGOTA KELOMPOK :

M. Ghulaman Zakia                            120131400375
Ardhian Tyo Prastyo                           120131436678
Filantari Cahyani                                 120131436695
Inten Mega Mawarni                          120131436696
Dody Eka Prasetya                             120131436670





UNIVERSITAS NEGERI MALANG
JURUSAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN
OFFERING A
TAHUN AJARAN 2012/2013


Daftar Isi

Daftar Isi............................................................................................       i
BAB I Pendahuluan
A.               Latar Belakang..............................................................................    1
B.               Tujuan Penulisan..........................................................................    1
BAB II Pembahasan
A.   Perencanaan peserta didik.................................................................    2
B.   Penerimaan peserta didik baru...........................................................   3
C.   Orientasi peserta didik baru..............................................................    4
D.   Pengelompokan peserta didik........................................................        5
E.    Pencatatan kehadiram dan ketidak hadiran.......................................    6
F.    Drop out.............................................................................................   9
G.   Mutasi peserta didik...........................................................................   9
H.   System tingkat dan non tingkat..........................................................   13
I.       Layanan khusus..................................................................................   19
J.      Kegiatan ekstrakurikuler....................................................................   23
K.   Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS)..........................................       28
BAB III Penutup
A.   Kesimpulan........................................................................................   32
Daftar rujukan...................................................................................................  36







BAB 1
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
            Manajemen kesiswaan adalah suatu proses keseluruhan semua kegiatan bersama dalam bidang pendidikan dengan memanfaatkan semua fasilitas yang tersedia baik personil, material, maupun spiritual untuk mencapai tujuan pendidikan. Sekolah sebagai sebuah sistem, seharusnya memiliki sebuah mekanisme yang mampu mengatur dan mengoptimalkan berbagai komponen dan sumber daya pendidikan yang ada. Untuk mencapai tujuan pendidikan tersebut  sebaiknya setiap sekolah melaksanakan sistem belajar mengajar dengan baik, agar mempunyai kualitas pendidikan yang baik.

B.     Tujuan Penulisan Makalah
1.      Menjelaskan perencanaan kesiswaan.
2.      Menjelaskan proses penerimaan peserta didik baru.
3.      Menjelaskan orientasi peserta didik baru.
4.      Menjelaskan cara pengelompokan siswa.
5.      Menjelaskan bagaimana pencatatan kehadiran atau ketidakhadiran.
6.      Menjelaskan pengertian  mutasi dan drop out.
7.      Menjelaskan  pengertian system tingkat dan non tingkat.
8.      Menjelaskan pengertian layanan khusus.
9.      Menjelaskan ekstrakurikuler dan OSIS.












BAB II
Pembahasan
Perencanaan peserta didik adalah suatu penentuan tindakan, biaya, serta waktu untuk mengelola peserta didik yang didasarkan atas data – data yang telah ada. Tujuannya adalah untuk menentukan arah dan tujuan, untuk menentukan apa yang akan dikerjakan, kapan akan dikerjakan, dan bagaimana akan dikerjakannya.
Dalam perencanaan peserta didik, khususnya dalam mengelola sebuah sekolah, ada faktor-faktor yang harus dipenuhi, yaitu :
1.      Faktor Internal :
a.       Finansial
Kegiatan sekolah haruslah menyesuaikan dengan kondisi keuangan sekolah agar tidak terjadi tumpang-tindih.
b.      Human Recources Assessment
Penilaian terhadap kemampuan SDM yang ada.
c.       Marketing Audit
Melakukan pengecekan terhadap keuangan.
d.      Operation Analysis
Kegiatan analisis operasional perencanaan, mulai dari rekrutmen hingga pembiayaan dan dievaluasi apa yang masih kurang memenuhi target.
e.       Other Internal Recources
Contohnya : MIS (Management Information System) dan RD (Recources and Development)

2.      Faktor Eksternal :
a.       Kompetitor (pesaing)
b.      Political dan regulatitory (kebijakan / aturan / UU)
c.       Sosial (Kondisi masyarakat yang ada)
d.      Human Recources (tenang bagaimana mencarinya dan bagaimana mengelolanya)

f.       Macro Economic (terkait dengan rata-rata penghasilan masyarakat contohnya mengenai kemampuan masyarakat untuk membayar iuran sekolah)
g.      Technological (Operational/management based technology)